STUDY NOT ONLY IN THE CLASSROOM

Some students can`t receive theory of knowledge. They need practice in real activities

SPEAKING PRACTICE

They students can be more creative when we give them space to upgrade their imaginations

HIGH MOTIVATION FOR READING

To be success, they must have high motivation, high spirit, high dream, and NO SUCCESS WITHOUT STRUGGLE

SPEAKING PRACTICE

To make them can speak English fluently sometime we need NEW SETTING and CONDITION

HEALTHY

We make have high adrenalin. Outbound is one way to make them be more brave and confident

LET THEM BE THEIR SELVES

When we give them chance and time to be their selves. They can be unique people

LET THEM BE CREATIVE

Should be appreciated what they have done. They can find the new ones

Kamis, 21 Juni 2012

# REVISI NILAI MURNI UKK

Assalamu`alaikum Wr. Wb.

manasik haji,manasik haji al abidin
Salam hormat bapak / ibu wali murid kelas 5 Ammar bin Yasir class. Karena setelah pembagian rapor tadi siang ada beberapa wali murid Kelas 5 Ammar yang memberitahu kami terkait NILAI MURNI SEMUA MAPEL pada halaman terakhir RAPOR NARASI ada kekeliruan, dan ketika kami cek memang ada kekeliruan sebagai berikut :

  1. Di KOLOM JUMLAH dari no. urut 12 sampai 22 ternyata belum dijumlah nilai Komputer
  2. Ini terlihat pada kolom JUMLAH yang di blok warna kuning
  3. Yang benar (revisi) yang di blok warna abu - abu
Bapak ibu atau ananda bisa melihat atau mendownload NILAI MURNI UKK (Revisi) dengan Klik di SINI
Dengan keterangan sebagai berikut :

  1. Kolom yang di blok warna HIJAU adalah Mata Pelajaran yang kurang dari KKM
  2. Kolom yang di blok warna KUNING yang salah (belum dijumlah Nilai Komputer)
  3. Kolom yang di blok warna ABU - ABU adalah Jumlah & Rata2 yang sudah direvisi (Benar)
  4. Yang terpenting adalah REVISI ini tidak berpengaruh ke RAPOR NARASI maupun RAPOR DIKNAS yang jelas input nilai murni (S) di Rapor Narasi InsyaAllah sudah betul. Karena kita sebagai wali kelas sudah mendapat nilai jadi dari setiap guru mata pelajaran
  5. Nilai Murni ini sebenarnya hanya untuk arsip Wali Kelas.
Sekali lagi Bapak ibu atau ananda bisa melihat atau mendownload NILAI MURNI UKK (Revisi) dengan Klik di SINI

Dan yang terakhir kami harapkan dengan adanya beberapa kekeliruan ini, semoga tidak mengurangi kepercayaan Bapak / Ibu wali murid 5 Ammar kepada kami selaku Wali Kelas dan SDII AL-ABIDIN secara umum. Sekali lagi kami minta maaf..

Wassalamu`alaikum Wr. Wr.

# Task : Unit 6 Listen & Write Possitive & Interrogative


Hello..!!! My beloved students.. How are you today? Are you fine? Good.. Mr beberapa waktu lalu telah menyuruh kalian mendownload Listening, sudah kalian download and kalian pelajari kan?  Sudah tentunya. Mr juga sudah kasih soal latihan Vocabulary (Kosa kata) Task - Listening : Helping at Home. Did you do that questions? It`s so simple kan, mudah kan? Jika kalian memperhatikan pasti kalian bisa..

Now, Mr akan kasih kalian Listening Task juga terkait materi Helping at Home. But ini Listening terkait Simple Present Tense. Do you still remember? Masih ingat kan?

Sebelum menjawab pertanyaan di bawah ini kalian bisa mengulang task sebelumnya, Task - Listening : Helping at Home.

OK, untuk menjawab some questions below, please CLICK player above...!!!

  1. ............. take out the trash.
  2. ............. wipe the table.
  3. Does .............. pull the weeds? .....................
  4. Do ................. sweep the steps? ....................
  5. Does .............. hang up her clothes? .................     
 Mudah kan? Mr yakin jawaban kalian betul semua.. Ok, I think that`s all.. Bye...Bye...!!!

Rabu, 20 Juni 2012

# Renungan Bagi Para Orang Tua: “Bu, tolong jangan katakan itu…!!”

be quiet please,don`t say that,jangan katakan itu
Di suatu pagi saya mendengar ibu yang mengeluhkan pada tetangganya mengenai anaknya yang sangat susah sekali mengerjakan soal Matematika. Lalu dalam perbincangan tersebut sang ibu lainnya juga mengeluhkan anaknya yang kerap menjaili atau mengganggu adiknya, sehingga satu hari rumah jadi berantakan dan ia pun mengeluhkan rasa capek karena harus bersih-bersih rumah. Ada pula yang tanpa sadar beberapa kali kedapatan menceritakan bahwa anaknya nakal, tak mau diatur, belum bisa ini, belum bisa itu. Hal ini terus berlangsung berulang-ulang.

Barangkali maksud sang ibu hanya sekedar sharing dan mencari solusi. Jika tujuannya mencari solusi atas permasalahan yang tengah dihadapi bukankah sebaiknya berkonsultasi pada yang ahlinya.
Yang dikhawatirkan, hal ini malah membuat kita terjebak dengan ber-su'udzon pada sang buah hati. Sikap su'udzon itu jika terus dibiarkan bisa saja merambat menjadi su'udzon pada Sang Penciptanya. Bagaimana mungkin ibu menjadi seorang guru kehidupan bagi anaknya, jika sang guru sendiri tak percaya dengan kemampuananaknya.

Ibu tersebut lupa bahwa setiap manusia yang diciptakan Allah Swt. adalah masterpiece. Setiap anak memiliki perbedaan dan keunikan satu sama lain bahkan anak kembar siam sekalipun. Ibu adalah madrasah bagi anaknya.

Allah Swt. menurunkan ayat-Nya bahwa manusia diciptakan dengan sebaik baiknya bentuk.
“Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya,” (QS At-Tin 95:4).

Manusia turun ke bumi manusia lebih mulia dari malaikat sekalipun.
"Dan ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat, 'Sesungguhnya, aku akan menciptakan seorang manusia dari tanah liat kering (yang berasal ) dari lumpurhitam yang diberi bentuk. Maka apabila Aku telah menyempurnakan kejadiannya, dan telah meniupkan kedalamnya ruh (ciptaan)-KU, maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud" (QS. Al Hijr: 28- 29).

Manusia telah diangkat derajatnya oleh Allah, sampai seluruh malaikat pun diperintahkan untuk bersujud. Namun sayangnya ada manusia yang merendahkan derajatnya sendiri. Maka yang akan diangkat derajatnya adalah manusia yang bertaqwa.

Tentulah kita menginginkan anak kita memiliki derajat yang tinggi di mata Allah dan bertaqwa.
Fitrah manusia adalah belajar. Pernah kah kita memperhatikan bayi yang baru lahir, jangankan berjalan mengangkat kepala saja belum bisa. benar benar terkulai lemah. Lalu seminggu kemudian ia mulai bisa mengangkat kepalanya, kemudian ia belajar duduk, merangkak, merambat lalu berjalan hingga berlari.

Dalam ilmu komunikasi dikenal istilah Redudansi Komunikasi atau pengulangan dalam mengomunikasikan suatu pesan. Redudansi komunikasi memiliki kekuatan mempengaruhi alam bawah sadar manusia. Saat seorang ibu terus menceritakan kekurangan anaknya, dan saat itu pula anak tersebut mendengar. 

Maka pesan - pesan yang ia dengar dari sang ibu bisa mempengaruhi alam bawah sadar sang anak. Perhatikan saja betapa mudahnya anak kita menghafal lagu- lagu yang setiap pagi kita putar atau jingle - jingle iklan di televisi . Otak anak bagaikan sponge yang dapat dengan mudah menyerap informasi apapun yang ia dengar, dan lihat.

“Apapun kata yang terucapkan pasti disaksikan oleh Raqib dan ‘Atid,” (QS.Qaaf : 18)
Bangkitlah ibu, ikhlaslah menerima apapun kekurangan anak kita. Segeralah menegakkan kepala. Mari mengubah kekurangannya menjadi kelebihan. Menutupi kekurangannya dengan kelebihan. Tak ada manusia yang sempurna. Konsultasikan pada yang dianggap ahli, bukan malah mengumbar kekurangan anak kita.

Jadilah kamus berjalan bagi anak kita.
Jadilah psikolog langganan buah hati kita.
Jadilah motivator handal untuk anak kita.

Bantulah sang anak menjadi pribadi yang mulia di mata Allah Swt.
Bismillah semoga kita selalu diberikan kekuatan oleh Allah menjaga amanahnya. 
(Dari berbagai sumber)

Senin, 18 Juni 2012

Task - Listening : Helping at Home


Hello..!!! My students.. Nice to meet you again. Are you fine? Good.. Kalau Mr kemarin sudah memberi kalian posting untuk mendownload Listening, sudah kalian download and kalian pelajari kan?  Sudah tentunya. Now Mr akan kasih kalian soal Listening are ready?

OK, untuk menjawab some questions below, please CLICK player above...!!!

  1. ....... the leaves
  2. ....... your bed
  3. ....... the carpet
  4. ....... your clothes
  5. ....... your room
  6. ....... the table
  7. ....... the trash
  8. ....... the weeds
  9. ....... the steps
  10. ....... the dishes
Word Bank

rake - hang up - clean up - wipe - wash - make - vacuum - pull - take out - sweep

Jumat, 15 Juni 2012

# Listening MP3 - Download

listen,listen music,baby listen
How are you today my students? It`s so great meet you again... Mr senang sekali bisa kembali menemani belajar kalian.. OK..!! guys. In this time Mr akan memberi you all materi Listening yang bisa kalian bisa gunakan untuk latihan dirumah. So, you will be more ready to face my test..

  1. Helping at home - Vocabulary --- Bisa di download di SINI 
  2. Task --- Listen & Write Bisa di download di SINI
  3. Getting around - Vocabulary --- Bisa di download di SINI
  4. Task --- Listen, Check, & Number Bisa di download di SINI
  5. Task --- Listen = True or False Bisa di download di SINI
  6. Setting the table - Vocabulary --- Bisa di download di SINI
  7. Task --- Listen & Check Bisa di download di SINI
  8. Task --- Listen & Check Picture Bisa di download di SINI
Beberapa MP3 Listening yang bisa kalian download yang bisa kalian gunakan untuk latihan. OK?

# Speaking - In the class


Speaking practice of Lintang and Malinda (Students of Hafshah Class) with theme "In the Class"

# Speaking - Play Together

Daffa, Naufal, and Azzam have speaking practice. They practice their speaking with theme "Playing together". Have look at this please...!!!

# Speaking - Cooking

Lala, Amel, and Galu have speaking practice with the theme "Cooking For Mom". Because Lala`s mom is sick.

Kamis, 14 Juni 2012

# How to Asking Permission in English

asking permission
Hello my students? Are you fine? OK… great…!!!! Right, some days ago, beberapa waktu yang lal Mr sudah membahas How to say sorry in English. Are you still remember? Good..!! Now, Mr akan mengajari kalian tentang How to ask permission in English, My students are you ready? 

There are many statement or ada beberapa ungkapan yang bisa kalian pakai dalam ungkapan Permintaan Ijin (Asking Permisssion) dalam Bahasa Inggris. Biasanya diawali dengan kata ; Can, May, Could, and Would. These are some of them :

Can I ask you a question? (Bolehkah saya bertanya?)
May I have a piece of cake? (Bolehkah saya makan kue ini?)
Could I get you to turn off the lights? (Bisa padamkan lampunya?)

Beberapa frase yang umum lainnya adalah: (frase inti yang dicetak tebal, silakan dikembangkan).

Do you mind if I smoke? (Bolehkah saya merokok?)
Would you mind if I asked you something? (Bolehkah saya bertnya sesuatu?)
Is it okay if I sit here? (Tidak mengapa saya duduk di sini?)
Would it be all right if I borrowd your lawn mower? (Apakah boleh saya meminjam mesin pemotong rumputmu?)

Untuk memberikan izin/permisi digunakan frase semacam:

Sure (tentu saja)
Go ahead (silakan)
No problem (tidak masalah)

OK my beloved students, I think that`s all for How to asking permission in English. Mr harap kalian bisa langsung mempraktekannya minimal dengan teman sebangku. Kalau sudah with your teacher.. That`s enough for material speaking in this time. Wait up for the next material…!!!

# Speaking _ Helping at Home


This some students are having practice in speaking skill. Ini adalah murid level 5 SDII AL-Abidin Surakarta dengan tema "Helping at Home"

Selasa, 12 Juni 2012

# Nilai Murni Semua Mapel Ammar Class

Assalamu`alaikum my beloved students, Level 5 Ammar Class. How are you today? Salam hormat bapak / ibu wali murid kelas 5 Ammar bin Yasir class. Ok, to the point aja...!! Kalau Mr kemarin sudah meng-up load Nilai Murni English. In this time, Mr akan memberitahu kalian & para wali murid level 5 Ammar tentang NILAI MURNI UJIAN KENAIKAN KELAS (UKK) semua MAPEL. Penasaran & tidak sabar lagi khan? Mr ingat ketika ada salah satu wali murid kelas Ammar yang sms ke Mr, "Mr kalau pas test/ujian gini yang deg-degan malah orang tuanya".

Baguslah berarti masih ada perhatian tentang perkembangan anaknya.. He...He... Maaf lho bapak / ibu bukan maksud saya menyinggung...!!!

Wah... wah... Mr jadi nglantur gini. Ok, be patient please..!!! Sebelum kalian anak-anakku yang manis melihat atau men-download nilainya ada beberapa catatan penting :

  1. Mr hanya menulis nilai setiap mapel hanya satu. Hlo kok? lanjuuut...!!
  2. Karena semua Mapel mempunyai beberapa aspek; exc : Qur`an, Pkn, Science, Social, Pai, FL, Math = 2 aspek, kemudian Arab, English, Indo, Java, Sport = 4 aspek. Maka Mr tidak mencantumkan semua, lengkapnya nanti ketika Raportan (Thursday, June 21st, 2012). 
  3. Nilai ini adalah rata-rata dari semua aspek untuk setiap mapel.
  4. Ketika timbul pertanyaan, "Kok aku remidi untuk pelajaran A ?". Maka jawabannya adalah seperti point ke-3 Yaitu "ITU ADALAH NILAI MURNI HASIL RATA-RATA SEMUA ASPEKSETIAP MAPEL"
  5. Kenapa REMIDI boleh jadi ada SALAH SATU ASPEK YANG TIDAK MENCAPAI KKM. Contoh : Mapel MATH : Numerik : 95, Geometri : 65 berarti tetap REMIDI untuk aspek Geometri walau ketika dirata-rata hasilnya 80 dari 85 + 65 (Num + Geo) dibagi 2.
  6. Untuk Mapel SBK & Komputer akan langsung dimasukkan ke rapor.
  7. MOHON DO`A RESTU DAN DUKUNGANNYA INI BLOG akan Mr ikutkan LOMBA BLOG GURU se-JATENG, dengan sering-sering aja buka blog kesayangan kalian ketika On Line. He..He..
Mr kira itu beberapa hal yang perlu kalian & bapak / ibu perhatikan sebelum melihat / mendownload nilai murni semua mapel kali ini. Untuk pertanyaan bisa ditulis di kolom koment di bawah ini atau ketika mengambil raport atau jika perlu jawaban cepat send SMS. SEMOGA NILAI SESUAI YANG KALIAN HARAPKAN tentunya HASIL BERBANDING LURUS DG DO`A & USAHA KALIAN.

Dug..dug..dug..dug..!!! Akhirnya NILAI MURNI UKK SEMUA MAPEL AMMAR bisa dilihat / didownload di bawah ini : 

# Simple Continous Tense

sdii al abidin, speaking practice, international fair, out bond
Nice to meet you again my students. We have already discussed Simple Present Tense, Simple Past Tense, Simple Future Tense, & To Be. Gimana anak-anak masih ingatkan? Dan sudah mencoba latihannya? Is it quite simple right? OK, now kita akan membahas Simple Continuous Tense. Jika kalian sudah memahami materi TO BE, maka dapat dipastikan you will understand it faster..

Right, we are going to discuss Simple Continuous Tense now, are you ready? Simple Continuous Tense adalah tenses yang menyatakan peristiwa atau kejadian yang sedang terjadi / yang sedang berlangsung. So far, are you understand? OK... Goood...!!! To be continued

Example : Aku sedang belajar bahasa Inggris sekarang 
                (I am studying English now)
                Mereka sedang membaca komik sekarang
                (They are reading comic now)

Remember my student :
I --- am
He, She, It --- is
They, We --- are

Masih ingatkan, ini To Be kan sudah Mr bahas, if you lupa bisa dibuka lagi di TO BE. Lets back to our topic again class...!!!
 
My students sebelum masuk ke Rumus Mr mau kasih kalian ciri - ciri yang menjadikan kalian tahu kalau kalimat tersebut adalah Simple Continuous Tense.. Ini dia :

ADV : now, at present, in this time

Rumus Simple Future Tense :

Positive        : S + to be (am, is, are)  + Ving
Negative      : S + to be (am, is, are) + not + Ving   
Interrogative : To be (am, is, are) + S + Ving

It`s different with Simple Present Tense, Simple Past Tense, Simple Future Tense, & To Be. Dimana biasanya ada perubahan V1, V2 (Kata Kerja). But here, we use Ving. You tahu kan Ving? I`m sure you have understood it. 

POSITIVE
Rumus : Positive        : S + to be (am, is, are)  + Ving

Example : I am teaching English now (Saya sedang mengajar Bhs. Inggris sekarang)
                Ms Anita is buying some fruits in this time (Bu Anita sedang membeli buah sekarang ini)
                They are playing foot ball now (Mereka sedang bermain sepakbola sekarang)

It`s quite simple kan? Makanya tetap lanjut? Ok..!! Lets go...!!!

NEGATIVE 
Rumus : Negative      : S + to be (am, is, are) + not + Ving

Example: I am not teaching English now (Saya tidak sedang mengajar Bhs. Inggris sekarang)
              Ms Anita is not buying some fruits in this time (Bu Anita tidak sedang membeli buah sekarang ini)
              They are not playing foot ball now (Mereka tidak sedang bermain sepakbola sekarang)

Mudah kan... Cuma menambah "NOT" di antara To Be and Ving. Now, lets go to the next...!!!

INTERROGATIVE 
Rumus : Interrogative : To be (am, is, are) + S + Ving

Example: Are you teaching English now ? Yes, I am
              Is she buying some fruits in this time ? Yes, She is
              Are they playing foot ball now ? Yes, they are

Is it simple kan? Ya kan? hehe.. Kalau kalian sering mempraktekannya ini sehari-hari maka tentu saja akan terasa lebih mudah.
Ok, begitu dulu pelajaran Simple Continous Tensenya kali ini Mr kira that`s enough, semoga kalian paham. Untuk pertanyaan bisa kalian ketik komen di bawah ini. 
Kalian bisa mencoba beberapa tasks (tugas) yang akan Mr tulis juga di sini.. Be patient please...!!!
Thank you very much, kalian telah setia mengikuti pelajaran Mr tentang Simple Continous Tense kali ini. Silahkan pelajari juga Tenses yang lain di blog ini.






Senin, 11 Juni 2012

# Speaking Practice - Visit Grandma`s Home

Kamis, 07 Juni 2012

# Nilai Murni ENGLISH all of class

the next level
Bagi para wali murid dan anak - anak level 5 SDII AL-ABIDIN Surakarta bisa MELIHAT atau MENDOWNLOAD NILAI MURNI BHS.INGGRIS klik di bawah ini :

Bagi anak yang nilainya KURANG dari 70 akan diadakan REMIDIAL on Saturday, June 9th, 2012 at 08.30 in Ammar bin Yasir Class.

Soal - soal REMIDIAL Mr ambil dari Soal Latihan berikut ini :
  1. Latihan soal semua materi Bahasa Inggris bisa dilihat atau didownload di SINI
  2. Latihan soal Family Diagram & Countable / Uncountable Noun bisa dilihat atau didownload di SINI
  3. Latihan soal Jam (O`clock) bisa dilihat atau didownload di SINI
  4. Latihan soal Comparative sentence (Perbandingan) bisa dilihat atau didownload di SINI
  5. Latihan soal To be (am, is, are, & will be) bisa dilihat atau didownload di SINI
 (BISA DI DOWNLOAD & dipakai latihan). OK... I AM SURE YOU CAN DO BETTER...!!!

Selasa, 05 Juni 2012

# To Be - am, is, are, will be

Nice to meet you again my beloved students...!!! You are the best ones...!!! Are you ready to continue our material in this time? Kalian siap go to the next level? Alright, Mr is going to talk about TO BE, yaitu am, is, are, & will be.

Ingat, to be ini kita pakai ketika dalam kalimat yang kita ucapkan maupun kita tulis tidak terdapat Verb (Kata Kerja).  Biasanya hanya ada Subject, Adjective, atau Adveb.

Namun ada perbedaan dalam pemakaian am, is, are dengan will be. Untuk lebih jelasnya lihat berikut :

am, is, are ------ Dipakai untuk kalimat yang tidak ada Verb-nya dan juga untuk kalimat rutinitas / kebiasaan
will be ------- Dipakai untuk kalimat yang tidak ada Verb-nya & juga untuk kalimat yang akan datang

NOTE :  # am ---- I
               # is ---- She, He, It
               # are ---- They, We, You
               # will be ---- They, We, I, You, She, He, It (semua)

Let see examples...!!! Lihat contoh..!!

# To be : am, is, are
   Example : - I am a student of SDII AL-ABIDIN
                   - She is an English teacher
                   - You are my friends
                   - Diego is the best player foot ball in my class

# To be : will be (Yang akan datang)
Sebelum ke contoh; ada ciri khusus dalam pemakaian will be, sebagaimana telah kita bahas di Simple Future Tense sebelumnya yaitu di Adverb-nya : tomorrow, tonight, next week, next month, next year, next time, on Sunday, ...later.

   Example : - I will be a new student of SDII AL-ABIDIN next month
                  - She will be in this place 5 minutes later
                  - We will be right there immediately
                  - My family will be in Japan next week
                    etc

Bisa kan kalian membedakan pemakaiannya antara am, is, are, & will be Mr kira cukup untuk materi kita kali ini, semoga kalian paham TO BE (am, is, are, & will be).

Nah, to know whether you understood or not. Untuk tahu apa kalian dah paham atau belum, maka kalian bisa kerjakan beberapa soal online di # OLT : Tobe "am, is, are, & will be". Good luck my students..!!


# Simple Future Tense


the future, future, future tense
image : http://finkorswim.com/wp-content/uploads/2012/05/future.jpg
Hello everybody, How are today? Nice to meet you again. Right, kali ini Mr akan membahas tentang Kalimat Simple Future Tense. Kalau kita beberapa hari yang lalu sudah membahas Simple Present Tense dan Simple Past Tense, in this time we are going to talk about Simple Future Tense. Ok everybody are ready? Goood..!!!

Future artinya "yang akan datang / masa depan". So, Kalimat Simple Future Tense adalah kalimat yang mengungkapkan sebuah peristiwa atau kejadian yang akan datang. Remember please...!!! We use the Simple Future Tense when there is no plan or decision to do something before we speak. We make the decision spontaneously at the time of speaking. Jadi kita memakai Simple Future Tense ketika kita akan melakukan sebuah kegiatan atau aktifitas yang tanpa ada perencanaan sebelumnya, otomatis. Look at these examples...!!!

Example : 
  • Hold on. I'll get a pen.
  • We will see what we can do to help you.
  • Maybe we'll stay in and watch television tonight.
Alright, itu contoh kecil pemakaian Kalimat Simple Future Tense. Lets go to the next level..!! Sebagaimana Simple Present Tense dan Simple Past Tense ada rumusnya, begitu juga di Simple Future Tense.Ini tense menurut Mr adalah tense yang paling mudah ketimbang Simple Present Tense dan Simple Past Tense

Rumus Simple Future Tense :

Positive        : S + will / shall + V1
Negative      : S + will not / shall not + V1
Interrogative : Will / Shall + S + V1

Cirinya bisa dilihat juga di Adverbial of time (Keterangan Waktu) :
tomorrow, tonight, next week, next month, next year, next time, on Sunday, ...later.

It`s different with Simple Present Tense dan Simple Past Tense. Dimana biasanya ada perubahan Verb (Kata Kerja). But here, positive, negative and interrogative are same, memakai V1.

POSITIVE
Rumus : Positive        : S + will / shall + V1

Example :
I will come to your home tomorrow.
They will play foot ball next week.
Chuck will go to International Fair tonight.
She and her sister will buy some fruits 5 minutes later.

It`s quite simple kan? Makanya tetap lanjut? Ok..!!

NEGATIVE
Rumus : Negative      : S + will not / shall not + V1

Kita masih memakai kalimat yang sama biar kalian tidak confused or bingung.
Example :
I will not come to your home tomorrow.
They will not play foot ball next week.
Chuck will not go to International Fair tonight.
She and her sister will not buy some fruits 5 minutes later.

Note will not = won`t

Sangat mudah sekali kan, hanya menambahkan kata NOT saja setelah WILL.

INTERROGATIVE
Rumus : Interrogative : Will / Shall + S + V1

Example :
Will you come to my home tomorrow?  Yes, I will / No, I will not (won`t)
Will they play foot ball next week?    Yes, they will / No, they will not (won`t)
Will Chuck go to International Fair tonight?    Yes, he will / No, he will not (won`t)
Will she and her sister buy some fruits 5 minutes later?    Yes, they will / No, they will not (won`t)

My students, is it easy? Sangat mudah kan.. Makanya seperti Mr sampaikan tadi bahwa Simple Future Tense adalah tense yang paling mudah di antara tense lainnya.. OK,, See you again in other time my beloved students.. For clearer or untuk lebih jelasnya bisa kalian buka penjelasan tambahannya di Simple Future Tense.

I think enough for this material. I hope you will understand what I`ve  explained... Be a success...!!!
Untuk latihan soal bisa kalian lihat di On line Task : Future Tense & 

# On Line Task : Will & Will be





# How to write "Date" in English

How are you today my students? Are you fine? Kalian baik - baik saja kan? Right, kita kali ini akan membahas tentang penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris (How to write Date in English?). Perlu kalian ketahui ada perbedaan penulisan Tanggal dalam Bhs. Indonesia dan Bhs.Inggris. Sebagai contoh bisa dilihat contoh berikut:

date, date in english
Tanggal seperti di samping dalam bahasa Indonesia :

# Hari Selasa, 31 Januari 2012
   (Hari / tanggal / bulan / tahun)
   (Day / Date / Month / Year)

It`s different in English, sangat berbeda dalam bahasa Inggris. Bedanya dimana Mr? Pasti kalian bertanya - tanya. OK.. Lets discuss it together..!!!

Let see these dates :
What date is it today?
# It`s Thursday, March 1st, 2012
   (Day / Month / Date / Year)

Bisa dilihat contoh di atas, dalam Bhs. Inggris urutannya berbeda dengan Bhs. Indonesia. Beside that, dalam Bhs. Inggris nomornya pun memakai nomor urut / Cardinal Number (spt: Ke-1, Ke-2, Ke-3, dst / 1st, 2nd, 3rd, 4th, etc) - (firST, secoND, thiRD, forTH, etc)

 As we know, tanggal dalam setiap bulannya maksimal angka 31. Maka Cardinal Number yang dipakai dalam Penanggalan Bhs. Inggris, sebagai berikut :

1st, 21st, 31st
2nd, 22nd
3rd, 23rd                NOTE: Ingat angka 11th, 12th, 13th NOT 11st, 12nd, 13rd
4th - 20th
24th - 30th

Let see examples :



What date is it today ?
 It`s Monday, January 2nd, 2012






What date is it today ?
It`s Tuesday, January 31st, 2012



                                                             What date is it today ?
                                                             It`s Friday,April 13th, 2012





Those are some examples how to write "Date" in English. Itulah beberapa perbedaan penulisan tanggal dalam Bhs. Inggris. Ok my students, I think that`s all. Sekarang tahukan cara penulisan tanggal dalam Bhs. Inggris.. Untuk mempererat hubungan kita dengan sesama pengunjung silahkan klik INFO PENTING BAGI KAMU. Thanks a lot for your visiting...!!!

# Comparative Sentence

Nice to meet you again my beloved students...!!! Now we are going to talk about Comparative Sentence. Ok, kita sekarang akan membahas tentang Kalimat Perbandingan. Thus, Comparative berasal dari kata Compare yang artinya "membandingkan". Karena yang kita akan bahas adalah tentang Comparative Sentence, so, berarti kita akan membahas terkait dengan Adjective (Kata Sifat)

Dilihat dari Adj (Kata Sifat) dalam Bhs. Inggris, ada tiga macam Comparative sentence, yaitu : 

1. Comparative Sentence yang terdiri satu / dua suku kata, yang cukup menambahkan -ER dan THE - EST.
    Example : 
       small - smaller - the smallest              
       big - bigger - the biggest
       tall - taller - the tallest
       long - longer - the longest
       short - shorter - the shortest
       high - higher - the highest
       sharp - sharper - the sharpest
       clever - cleverer - the cleverest
       smart - smarter - the smartest

2. Comparative Sentence yang kata sifatnya (Adj) lebih dari 1 suku kata, maka harus menambah MORE danTHE MOST di awal kata sifat tersebut.
    Example :
       handsome - more handsome - the most handsome
       beautiful - more beautiful - the most beautiful 
     
3. Comparative Sentence yang berubah secara perkatanya.
    Example : 
       good - better - the best
       bad - worse - the worst

But in this time, Mr tidak akan membahas yang poin 2 dan 3 karena tarafnya baru Sekolah Dasar. Mr akan bahas yang the first point pertama. Are you ready?

Example :

ANT - BEE - BUTTERFLY
          # Bee is bigger than ant
          # Butterfly is bigger than Bee
          # Butterfly is the biggest than ant and bee

PENCIL - RULER - PENCIL CASE
          # Ruler is longer than pencil
          # Pencil case is longer than ruler
          # Pencil case is the longest than pencil & ruler

I think that`s enough, contoh dua aja Mr kira sudah cukup. Karena materi Comparative Sentence ini sangat sederhana dan mudah dipahami

       
                        

# Simple Past Tense

last time, past tense, in the past, kanggurukoe, sdii al-abidin
Kalau kemarin Mr sudah membahas tentang Simple Present Tense. Maka untuk kali ini Mr akan membahas Simple Past Tense. Remember kalau Simple Present Tense adalah untuk kejadian yang sifatnya rutinitas atau berulang - ulang, maka untuk Simple Past Tense adalah sebuah kalimat yang digunakan untuk peristiwa yang sudah berlalu. Karena apa anak-anak? Karena kata "Past" itu sendiri artinya "Lampau / Sudah berlalu". 

Ini bisa terlihat jelas di Kata keterangan waktunya (ADV). Di antaranya adalah; yesterday, ...ago, last night, last Sunday, last month, last year, & this morning. So, itu secara tidak langsung adalah sebagai ciri - cirinya juga untuk membedakan dengan tenses yang lainnya.

OK, kita langsung ke materi.. Are you ready...???!!! Lets go...!!!

Sebelum masuk ke rumus yang perlu dingat adalah di Simple Past Tense kita memakai V2. Here, there are two kids of V2, ada 2 macam V2:

Regular Verb : yaitu Verb yang tinggal ditambah -ED or -IED di akhir kata kerja (Verb)
Example : 
visited, cleaned, played, invited, studied, walked, talked, looked, listened, watched, washed, etc. 
Ini aja ya? Kalau Mr catat semua bisa - bisa penuh nich satu halaman.

Irregular Verb : yaitu Verb yang dia berubah total, maksudnya berubah pengejaannya (spelling) & juga cara membacanya (pronunciation)
Example :
go - went          take - took         drink - drank          buy - bought
eat - ate            come - came       see - saw               make - made
put - put            break - broke     get - got                 bring - brought
give - gave         find - found        win - won               speak - spoke

Rumus Past Tense :
Positive     : S + V2
Negative   : S + did not + V1
Interrogative : Did + S + V1

Kalau di Simple Present Tense kita menegenal DO & DOES, kalau di Simple Past Tense kita hanya mengenal DID dan ini dipakai untuk semua ya... (I, They, You, He, She, It, Toni, Sinta).

Rumus Past Tense sulit? Nggak juga.. Lets continue..!!

INGAT : V2 hanya dipakai di kalimat POSITIF saja. (Rumus : Positif     : S + V2). Untuk Negatif dan Interrogative memakai V1.

POSITIVE
Rumus : Positive     : S + V2
 
Example : I studied English last night (Saya belajar Bhs. Inggris tadi malam)
               She went to Singapore yesterday (Dia (pr) pergi ke Singapura kemarin)
               Toni came to your home 3 days ago (Toni datang ke rumahku 3 hari yang lalu)

It`s so quite simple, right? Mudahkan? yang penting kalian hafal perubahan Verb nya. OK, sebelum melanjutkan ke Negative & Interrogative INGAT V2 hanya dipakai di kalimat Posiitive.

Kalau boleh Mr melogika studied adalah (did + study), went (did + go), came (did + come), etc

NEGATIVE 
Rumus : Negative   : S + did not + V1
Ingat Negative artinya TIDAK

Example:
Biar nggak tambah bingung Mr masih memakai kalimat sebelumnya;

I did not study English last night                           Note : Did not = Didn`t
She did not go to Singapore yesterday
Toni did not come to your home 3 days ago

Ok, lets see together..!!  Sebagaimana di kalimat Positive Verb = Studied adalah did + study, dikarenakan did keluar dan bergabung menjadi did not (didn`t) maka secara otomatis yang tadinya di positive studied berubah menjadi study. Dan begitu pula went & came...

Do you understand?  Good..!!

INTERROGATIVE
Rumus : Interrogative : Did + S + V1

Example : Mr masih memakai kalimat yang sama biar kalian tidak confused..

Did you study English last night? Yes, I did / No, I did not (didn`t)
(Kenapa yang tadinya I kemudian berubah menjadi You? Ya iyalah... Masa kita menanyakan hal ke diri kita sendiri? kan nggak lucu... He..He..) next...

Did she go to Singapore yesterday? Yes, she did / No, she did not (didn`t)
Did Toni come to your home 3 days ago? Yes, he did / No, he did not (didn`t)

So far any questions? No, I think.. It`s quite simple kan?

OK... Untuk to know apakah kalian sudah paham atau belum. Please do this some questions about it # Online Task - Simple Past Tense..!!! Coba kerjakan beberapa latihan soal di # Online Task - Simple Past Tense






# Simple Present Tense

study english,speaking,english practice,international fair,sdii al-abidin,belajar,belajar bersama
Saat ini Mr akan membahas Present Tense atau Simple Present Tense digunakan untuk menyatakan peristiwa atau kejadian, kegiatan, aktivitas dan sebagainya yang terjadi saat ini. Present Tense juga bisa digunakan untuk menyatakan suatu fakta / kejadian, atau sesuatu yang tejadi berulang-ulang dimasa KINI. Ingat, PRESENT artinya adalah kini, sekarang.

Sebelum masuk ke rumus yang perlu diingat di Simple Present Tense ada perbedaan dalam pemakaian Kata Kerja (Verb), biasanya dengan symbol (V). Di Simple Present Tense  ada 3 Verb yang dipakai; V1, Vs, atau Ves

V1 --- They, We, I, You (Atau untuk lebih mudah diingat “THEY-WE-I-YOU tidak mau ES” plesetan dari kalimat “DEWI AYU tidak mau ES”
Vs atau Ves --- He, She, It & Nama Orang Ke-3 tunggal (Ani, Ayu, Toni, dst) (Untuk lebih mudah diingat “HE-SHE-IT tidak mau ES”)

Di INGAT juga untuk membedakan dengan tenses yang lain ada cirinya untuk Simple Present Tense. Ini bisa dilihat di kata keterangan waktu (ADV) ; usually, often, sometimes, never, everyday, every morning, every night, every month, every year)
Rumusnya:

Positif             : S + V1 (s/es)
Negatif            : S + DO/DOES + NOT + V1
Tanya             : DO/DOES + S + V1
Example:

Kalimat Positif Present Tense

I eat fried chicken
She eats fried chicken
We eat fried chicken
You go to Jakarta
He goes to Jakarta
They go to Jakarta
Untuk You & They tidak bisa “goes”, mengapa? Sebagaimana di awal sudah kita jelaskan tadi.
Tetapi yang ini malah tambah ES:
He goes to Jakarta (tambah ES). 
INGAT : Rumus HE-SHE-IT mau ES & THEY-WE-I-YOU tidak mau ES

Kalimat Negatif Present Tense

Rumusnya :
Negatif            : S + DO/DOES + NOT + V1

simple present tense, study english, english is fun, suka inggris, do, does
Bentuk Negatif, artinya menyatakan TIDAK. Maka sesuai rumus Present Tense, setelah SUBJECT ditambah DO atau DOES, baru NOT, lalu tambah kata kerja bentuk pertama tanpa S atau ES lagi. Anak – anak tentunya bertanya - tanya S atau ES nya dimana? Sudah di doES tadi.

Untuk THEY-WE-I-YOU karena tidak mau ES maka memakai DO
Untuk SHE, HE, IT, Toni, Ani karena mau ES maka memakai DOES

I do not eat fried chicken                    NB: do not = don`t
She does not eat fried chicken                    does not = doesn`t
We do not eat fried chicken 

Coba perhatikan She does not eat fried chicken. Eat nya tidak pake S lagi, pindah ke doES. Tidak bingungkan? So pasti anak-anak level 5 pinter-pinter. Yes, belajar bahasa Inggris kalian tak boleh manja, harus aktif, baru akan bisa. OK?

Kalimat Tanya Present Tense

Kalimat tanya untuk Present Tense sesuai rumus diatas, atau Mr tulis lagi seperti ini:
Tanya: DO/DOES + S + V1

INGAT : Rumus HE-SHE-IT mau ES & THEY-WE-I-YOU tidak mau ES Contohnya begini:

Kalimat positifnya: I eat fried chicken
Kalimat tanya menjadi: DO you eat fried chicken?
Kalimat positif: She eats fried chicken
Kalimat tanya: DOES She eat fried chicken?

Kenapa pada kalimat DOES She eat fried chicken? Eat-nya tidak memakai S? Ingat di awal S-nya sudah pindah ke doeS

Simple kan? Ya kan? hehe.. Kalau kalian sering mempraktekannya ini sehari-hari maka tentu saja akan terasa lebih mudah.

Ok, begitu dulu pelajaran Present Tensenya kali ini Mr kira that`s enough, semoga kalian paham. Untuk pertanyaan bisa kalian ketik komen di bawah ini. 

Thank you very much, kalian telah setia mengikuti pelajaran Mr tentang Simple Present Tense kali ini. Silahkan untuk latihan soal bisa kalian klik di #On Line Task : Simple Present Tense bisa juga kalian copy beberapa soal di Task : Simple, Past, & Animal Wonder

Senin, 04 Juni 2012

Lomba MPI & BLOG Pendidikan BPTIKP-jateng

Balai Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah dapat menyelenggarakan Kegiatan Lomba Pengayaan Sumber Belajar Berbasis Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) dan Blog bagi guru serta Lomba Pengayaan Sumber Belajar pada Website/Blog sekolah di Jawa Tengah untuk kedua kalinya.
Kegiatan yang dilaksanakan untuk kedua kalinya ini akan berupaya membenahi segala kekurangan yang ada pada lomba pertama tahun 2011 yang lalu, sehingga diharapkan pelaksanaan lomba ini kan lebih baik dibanding tahun yang lalu.
Panduan Lomba: disini
Formulir Lomba: disini
Brosur: disini

Sumber : http://bptikp-jateng.net/index.php?option=com_k2&view=item&id=24:lomba-psb-tahun-2012&Itemid=107

Sabtu, 02 Juni 2012

# Speaking - Rake D`Paper