Jumat, 27 April 2012

Berapa Lama Anak Harus Tidur Siang?

Penting bagi anak untuk cukup tidur.Tidur siang mengembalikan energi bayi sekaligus memberi jeda bagi orang tua. Tidur siang juga penting untuk perkembangan. Bayi berkembang cepat saat terlelap. Tapi, berapa lama waktu yang dibutuhkan bayi anda untuk tidur siang? 

Tak perlu khawatir soal tidur jadal tidur dalam 2 bulan pertama. Saat itu, waktu tidur bayi anda di siang hari sangat tak terprediksi. Rasa kantuknya bisa muncul dalam interval yang tak beraturan dan waktu tidur bisa beberapa menit saja hingga beberapa jam. Anak yang baru lahir biasanya tidur 15-16 jam per hari.
Memasuki usia 3 bulan, kebanyakan bayi mulai memiliki siklus tidur bangun yang lebih terprediksi."Anda perlu memperhitungkan temperamen anak, seberapa aktif dia, dan gaya hidup keluarga anda sendiri," kata Judy Owens, MD, konsultan parents serta kepala dokter anak klinik gangguan tidur di Hasbro Children's Hospital, Providence. 

Perhatikan sinyal seperti mengucek mata, menguap, serta rewel yang menandakan saatnya tidur.Kebanyakan bayi akan tidur sekitar dua jam setelah bangun di pagi hari. Tidur siang 1-2 jam itu harus dilanjutkan dengan waktu tidur yang sama pada petang hari 

Pertanyaannya kemudian, jika sudah memiliki rutinitas malam, yaitu mandi, menyusu, dan membaca buku sebelum tidur, perlukah melakukan rutinitas serupa untuk tidur siang? 

Para pakar tetap menilai perlunya tidur siang kendati tidak perlu lama. Membaca buku atau menyanyikan lagu mengantar tidur yang sama saat tidur malam seharusnya cukup untuk membuatnya tidur."Lebih banyak langkah yang bayi anda asosiasikan dengan waktu tidur, akan lebih banyak waktu yang dibutuhkan untuk mengantuk,"kata Dr. Owens."Anda harus menidurkan bayi saat dia mulai mengantuk namun masih terjaga. Biarkan dia rewel dan menangis sedikit. Terlalu membujuk malah akan memperpanjang proses rutinitas tidur ini. 

Tidak perlu lama juga untuk tidur siang. "Banyak bayi tidur siang hanya 30-45 menit dan itu memang sudah cukup. Anda juga tak perlu khawatir jika dia tidur terlalu banyak. Tak masalah jika bayi anda tidur dua jam penuh. Kuncinya bukan seberapa banyak dia tidur, "ujar Marc Weissbluth, MD, profesor pediatrik klinis di Feinberg School of Medicine, Northwestern University, Chicago.

Jauh lebih penting untuk melihat perilaku anak pada pukul 16.00 atau 17.00. Jika dia tetap tenang, manis, dan santai, berarti semua baik-baik saja. Jika tidak, mungkin Anda perlu mengubah sesuatu dalam jadwal tidurnya.
Anda sedang membaca artikel tentang Berapa Lama Anak Harus Tidur Siang? dan anda bisa menemukan artikel Berapa Lama Anak Harus Tidur Siang? ini dengan url http://kanggurukoe.blogspot.com/2012/04/berapa-lama-anak-harus-tidur-siang.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Berapa Lama Anak Harus Tidur Siang? ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Berapa Lama Anak Harus Tidur Siang? sumbernya.

Related Posts :

Terima kasih telah berkunjung di blog Kang Guru. Silahkan tinggalkan komentar anda di kotak komentar dan klik suka atau share artikel ini di Facebook, Twitter, maupun Google+1.

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...