Kamis, 04 Oktober 2012

Inspiratif_Batu, Kerikil, & Pasir

outing class, english outing class, sdii al-abidin, english arabic
Image: OC_English Arabic SDII Al-Abidin
Seorang guru berdiri di depan kelas, di hadapannya ada beberapa benda. Ketika masuk waktu pelajaran, ia mengambil sebuah wadah besar bekas tempat cat lalu mengisinya dengan batu berdiameter kurang lebih 2 cm. Setelah penuh ia bertanya kepada murid-muridnya, "Apakah tempat ini sudah penuh?" Murid-muridnya menjawab, "Ya...!!!".

Kemudian pak guru mengambil sekaleng batu kerikil lalu menuangkannya ke dalam wadah tadi. Ia kemudian dengan lembut menggoyang - goyang wadah itu sehingga batu - batu kecil tadi menggelinding mengisi ruang di antara batu - batu. Ia lalu bertanya kepada murid - muridnya, "Apakah tempat ini sudah penuh?" Murid - muridnya menjawab, "Ya."

Pak Guru kemudian mengambil sekaleng pasir lalu menuangkannya ke dalam wadah tadi. Pasir itu pun segera mengisi ruang - ruang kosong di antara batu dan kerikil.

"Nah, sekarang," kata Pak Guru, "Aku ingin kalian memahami bahwa demikianlah sesungguhnya kehidupan kalian. Batu itu merupakan hal - hal penting dalam kehidupan kalian, seperti : Keimanan, Sholat, keluarga, pasangan hidup, kesehatan, dan anak - anak kalian, yaki semua hal yang sangat penting bagi kalian, yang bila kalian tidak mengurusnya dengan baik, boleh jadi kalian akan sengsara. Kerikil adlah hal - hal lain yang kedudukannya lebih rendah, tapi berpengaruh pada kehidupan kalian, seperti : pekerjaan, rumah, kendaraan, atau mobil. Pasir adalah hal - hal yang kedudukannya kurang begitu penting. Apabila kalian mengisi wadah ini dengan pasir terlebih dahulu, maka batu dan kerikil tidak akan mendapat tempat. Demikian juga kehidupan kalian, kalau kalian habiskan tenaga dan waktu kalian untuk hal - hal yang sia - sia, maka kalian tidak akan berhasil melakukan pekerjaan yang penting bagi kehidupan kalian.

Oleh karena itu, perhatikanlah hal - hal yang penting bagi kalian, lewatkan waktu kalian bersama anak - anak, sholat, berbakti pada orang tua, ibadah - ibadah yang bermanfaat lainnya, dan juga sediakan waktu untuk melihat aktivitas anak - anak. Adapun waktu untuk kerja, membersihkan rumah, menagdakan pertemuan, makan bareng, memperbaiki kerusakan akan selalu ada.

So, utamakan batu, yakni hal - hal yang penting, lalu tetapkan urutan prioritas, yang lain hanyalah pasir...
Source : Author Unknown, 2005, Hikmah Dari Seberang Hal.85-86
Anda sedang membaca artikel tentang Inspiratif_Batu, Kerikil, & Pasir dan anda bisa menemukan artikel Inspiratif_Batu, Kerikil, & Pasir ini dengan url http://kanggurukoe.blogspot.com/2012/10/inspiratifbatu-kerikil-pasir.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Inspiratif_Batu, Kerikil, & Pasir ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Inspiratif_Batu, Kerikil, & Pasir sumbernya.

Related Posts :

Terima kasih telah berkunjung di blog Kang Guru. Silahkan tinggalkan komentar anda di kotak komentar dan klik suka atau share artikel ini di Facebook, Twitter, maupun Google+1.

Reactions:

5 comments:

udien iquq mengatakan...

jazakumullah ustadz







sukasmo kasmo mengatakan...

Inspiratif dan menarik
salam balik ya Kangguru

Kang Guru mengatakan...

Salam balik jg pak, trimakasih atas kunjungannya...

Muhammad Endi mengatakan...

Hal ini pernah saya dapatkan juga dari motivator waktu training kepemimpinan, benar sekali pak. prioritaskan yang besar lalu yang kecil.. bukan berarti mengabaikan yang kecil... :)

Kang Guru mengatakan...

M.Endi : Ya semoga bisa mereview ilmu yg dah pernah didapatkan...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...