Rabu, 26 Desember 2012

Cara Mengkonversi Powerpoint ke flash

Dalam membuat konten pembelajaran berbasis teknologi informasi konten berbasis Flash merupakan salah satu aplikasi favorit. Dengan menggunakan Flash kita dapat membuat konten pembelajaran yang menarik baik secara visual maupun sisi interaktifitasnya. Akan tetapi kekurangan dari Flash adalah proses pembuatan yang relatif sulit.

Untuk membuat konten Flash, kita harus mampu menggunakan software Adobe Flash (dulu dikenal sebagai Macromedia Flash).  Selain teknik disain, dalam pembuatan Flash pengembang juga harus menguasai skrip pemogramannya yaitu ActionScript.

Untuk mengatasi kerumitan pembuatan Flash, beberapa vendor perangkat lunak telah mengeluarkan produk-produk yang memudahkan untuk membuat konten berbasis Flash. Dengan menggunakan alat bantu ini maka kita dapat membuat konten Flash tanpa harus menguasai pemrograman. Kebanyakan alat bantu ini menggunakan aplikasi PowerPoint untuk pembuatan disain, animasi maupun narasi/suara.

Salah satu software yang dapat mengkonversi powerpoint ke bentuk Flash adalah iSpring. iSpring adalah program yang berjalan “menumpang” pada piranti lunak yang sudah ada, dalam hal ini MS PowerPoint, yang umum dikenal dengan Add program iSpring tidak dapat berjalan sebelum program MS PowerPoint terpasang pada perangkat komputer. Selain harus terpasang MS PowerPoint, komputer juga harus sudah terpasang flash player. Hal ini diharuskan karena iSpring menyediakan fasilitas untuk mengubah dokumen MS PowerPoint menjadi file flash, menyisipkan file flash ke dalam MS PowerPoint. Untuk mendukung fasilitas tersebut makan iSpring memerlukan plug player.

Adapun langkah-langkah mengkonversi powerpoint dalam bentuk flash sebagai berikut :

1. Jika belum memiliki software iSpring, download terlebih dahulu softwarenya (yang free versi 6.1) silahkan DOWNLOAD DI SINI atau (versi 64-bit) silahkan DOWNLOAD DI SINI.
2. Install iSpring pada komputer anda. Apabila sudah berhasil menginstal maka layout powerpoint seperti gambar berikut
ppt1
3. Klik ispring –> Publish
ppt2
4. Pilih setingan flas anda
ppt3
Keterangan : 1. tab untuk mensetting output flash sesuai keinginan. 2. layout output flash. 3. penyimpanan file output yang dihasilkan. 4. Nama file flash yang dihasilkan. 5. Jumlah slide yang akan diubah dalam bentuk flash. 6. Output flash. 7. Tampilan flash. 8. Publish
5. Jika setingannya sudah selesai klik publish
ppt4
Mau lihat hasil konversi powerpoint saya dalam bentuk flash silakan lihat disini.
Semoga bermanfaat….

Anda sedang membaca artikel tentang Cara Mengkonversi Powerpoint ke flash dan anda bisa menemukan artikel Cara Mengkonversi Powerpoint ke flash ini dengan url http://kanggurukoe.blogspot.com/2012/12/cara-mengkonversi-powerpoint-ke-flash.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Cara Mengkonversi Powerpoint ke flash ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Cara Mengkonversi Powerpoint ke flash sumbernya.

Related Posts :

Terima kasih telah berkunjung di blog Kang Guru. Silahkan tinggalkan komentar anda di kotak komentar dan klik suka atau share artikel ini di Facebook, Twitter, maupun Google+1.

Reactions:

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...