Jumat, 29 Agustus 2014

1 Hari Belajar Math_Science di Lembah Hijau

sdii al abidin,menanam bayam,outing class
Salah satu konten Kurikulum 2013 yang baru saja digulirkan adalah memperlakukan siswa sebagai subjek bukan objek. Ketika siswa sebagai subjek maka menjadikan siswa mampu memecahkan masalah, menggali informasi, berdiskusi, kemudian menyimpulkan. Siswa SDII AL-ABIDIN Surakarta sejak awal atau sebelum digulirkannya Kurikulum 2013 sedikit banyak sudah menerapkan konten dari kurikulum baru ini. Hal ini terbukti dengan adanya Outing Class (Pembelajaran di luar kelas) sebanyak 3 kali / Semester.

Tepatnya hari Rabu, 20 Agustus 2014 siswa kelas 6 mengadakan Outing Class Matematika IPA di Lembah Hijau, Mojolaban, Karangnyar, Jawa Tengah. Di acara tersebut ada beberapa aktifitas siswa yang mengerjakan lembar kerja kelompok yang berkutat seputar ilmu hitung dan ilmu alam tersebut. Diantaranya; kegiatan menanam benih sayuran, kemudian dilanjutkan kerja kelompok menghitung KPK FPB dengan memakai aneka buah sebagai medianya.

Di sesi menanam sayuran; siswa diberikan kesempatan praktek langsung menanam benih sayuran bayam merah, dan sawi. Mereka memasukkan 6 biji sawi di setiap lubang yang telah disiapkan pihak pengelola taman agrobisnis tersebut. Mempraktekan operasi hitung KPK FPB, ada yang unik kali ini karena media yang dipakai adalah buah, diantaranya buah kelengkeng, jambu, dan tomat. Mereka mengerjakan LJK secara berkelompok. Jikan sudah selesai maka mereka diberi kesempatan untuk renang selama 1 jam di kolam renang yang masih di area Lembah Hijau.

renang,sdii al abaidin,swimming,outing class
Di akhir acara ditutup dengan pembagian es krim untuk setiap anak, dan anak diarahkan untuk mengambil satu ikat besar sayuran kangkung untuk oleh-oleh pulang ke rumah. Sesi makan siang menjadi sesi ending acara outing class Math_Science pagi hingga siang itu. Semoga dengan adanya kegiatan ini memudahkan mereka akan materi KPK FPB dan IPA yang tadinya belum mereka pahami ketika di dalam kelas.
Anda sedang membaca artikel tentang 1 Hari Belajar Math_Science di Lembah Hijau dan anda bisa menemukan artikel 1 Hari Belajar Math_Science di Lembah Hijau ini dengan url http://kanggurukoe.blogspot.com/2014/08/1-hari-belajar-mathscience-di-lembah.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel 1 Hari Belajar Math_Science di Lembah Hijau ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link 1 Hari Belajar Math_Science di Lembah Hijau sumbernya.

Related Posts :

Terima kasih telah berkunjung di blog Kang Guru. Silahkan tinggalkan komentar anda di kotak komentar dan klik suka atau share artikel ini di Facebook, Twitter, maupun Google+1.

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...