Jumat, 15 Februari 2013

Apa Itu Disleksia?

membaca,reading,sdii al-abidin,disleksia
Apa pengertian disleksia? Mungkin pertanyaan ini akan muncul pada orang tua yang mengetahui anaknya kok susah membaca. Ada banyak definisi tentang disleksia, tetapi yang dianut secara umum adalah: adanya gangguan mendasar pada proses yang berkaitan dengan membaca.

Angka disleksia di negara-negara maju adalah sekitar 15%, tetapi belum ada penelitian di negara Indonesia. Disleksia lebih banyak ditemukan pada anak laki-laki. Hal ini masih harus ditelusuri lebih lanjut apa penyebabnya, tetapi jenis kelamin bukanlah faktor risiko terjadinya disleksia.

Anak yang disleksia biasanya mengalami hal berikut:

- ada keterlambatan pada produksi bahasa (bicara)
- ada kesulitan dalam artikulasi/pengucapan ketika bicara
- ada kesulitan dalam mengingat huruf, angka, ataupun warna

Untuk mendiagnosis disleksia, kita harus memeriksa sang anak dari berbagai aspek yaitu membaca, berbicara, bahasa, serta evaluasi pendengaran. Evaluasi terhadap kondisi psikis anak pun harus dilakukan.

Kata dr. Alan Goni; Penanganan terhadap kondisi ini adalah dengan intervensi di bidang pendidikan, misalnya dengan permainan kata-kata, menggabungkan aspek suara lalu si anak harus menuliskan bunyi suara tersebut. Interaksi dengan komputer juga dapat membantu perkembangan anak disleksia.

Source : yahoo.com
Anda sedang membaca artikel tentang Apa Itu Disleksia? dan anda bisa menemukan artikel Apa Itu Disleksia? ini dengan url http://kanggurukoe.blogspot.com/2013/02/apa-itu-disleksia.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Apa Itu Disleksia? ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Apa Itu Disleksia? sumbernya.

Related Posts :

Terima kasih telah berkunjung di blog Kang Guru. Silahkan tinggalkan komentar anda di kotak komentar dan klik suka atau share artikel ini di Facebook, Twitter, maupun Google+1.

Reactions:

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...