STUDY NOT ONLY IN THE CLASSROOM

Some students can`t receive theory of knowledge. They need practice in real activities

SPEAKING PRACTICE

They students can be more creative when we give them space to upgrade their imaginations

HIGH MOTIVATION FOR READING

To be success, they must have high motivation, high spirit, high dream, and NO SUCCESS WITHOUT STRUGGLE

SPEAKING PRACTICE

To make them can speak English fluently sometime we need NEW SETTING and CONDITION

HEALTHY

We make have high adrenalin. Outbound is one way to make them be more brave and confident

LET THEM BE THEIR SELVES

When we give them chance and time to be their selves. They can be unique people

LET THEM BE CREATIVE

Should be appreciated what they have done. They can find the new ones

Kamis, 29 November 2012

Semangat Dakwah Seorang Anak di Amsterdam, Membawa Hidayah Kepada Seorang Nenek

cahaya, hidayah, light, hidayah Allah
Ada kisah menarik tentang semangat dakwah, yang disampaikan oleh DR. Muhammad Ratib an-Nabulsy saat Khuthbah Jumat tertanggal 2 Juli 2010. Sebuah kisah inspiratif  terjadi di Amsterdam yang sangat menarik untuk disimak. Berikut ini Penulis paparkan dengan terjemah bebas dan sedikit diringkas.

“Menjadi kebiasaan di hari Jumat, seorang Imam masjid dan anaknya yang berumur 11 tahun membagi brosur di jalan-jalan dan keramaian, sebuah brosur dakwah yang berjudul “Thariiqun ilal jannah” (jalan menuju jannah).

Tapi kali ini, suasana sangat dingin ditambah rintik air hujan yang membuat orang benar-benar malas untuk keluar rumah. Si anak telah siap memakai pakaian tebal dan jas hujan untuk mencegah dinginnya udara, lalu ia berkata kepada sang ayah,

“Saya sudah siap, Ayah!”
“Siap untuk apa, Nak?”
“Ayah, bukankah ini waktunya kita menyebarkan brosur ‘jalan menuju jannah’?”
“Udara di luar sangat dingin, apalagi gerimis.”
“Tapi Ayah, meski udara sangat dingin, tetap saja ada orang yang berjalan menuju neraka!” “Saya tidak tahan dengan suasana dingin di luar.”
“Ayah, jika diijinkan, saya ingin menyebarkan brosur ini sendirian.”
Sang ayah diam sejenak lalu berkata, “Baiklah, pergilah dengan membawa beberapa brosur yang ada.”

Anak itupun keluar ke jalanan kota untuk membagi brosur kepada orang yang dijumpainya, juga dari pintu ke pintu. Dua jam berjalan, dan brosur hanya tersisa sedikit saja. Jalanan sepi dan ia tak menjumpai lagi orang yang lalu lalang di jalanan. Ia pun mendatangi sebuah rumah untuk membagikan brosur itu. Ia pencet tombol bel rumah, namun tak ada jawaban. Ia pencet lagi, dan tak ada yang keluar. Hampir saja ia pergi, namun seakan ada suatu rasa yang menghalanginya. Untuk kesekian kali ia kembali memencet bel, dan ia ketuk pintu dengan lebih keras. Ia tunggu beberapa lama, hingga pintu terbuka pelan. Ada wanita tua keluar dengan raut wajah yang menyiratkan kesedihan yang dalam Wanita itu berkata, “Apa yang bisa dibantu wahai anakku?”

Dengan wajah ceria, senyum yang bersahabat si anak berkata, “Nek, mohon maaf jika saya mengganggu Anda, saya hanya ingin mengatakan, bahwa Allah mencintai Anda dan akan menjaga Anda, dan saya membawa brosur dakwah untuk Anda yang menjelaskan bagaimana Anda mengenal Allah, apa yang seharusnya dilakukan manusia dan bagaimana cara memperoleh ridha-Nya.”
Anak itu menyerahkan brosurnya, dan sebelum ia pergi wanita itu sempat berkata, “Terimakasih, Nak.”

Sepekan Kemudian

Usai shalat Jumat, seperti biasa Imam masjid berdiri dan menyampaikan sedikit taushiyah, lalu berkata, “Adakah di antara hadirin yang ingin bertanya, atau ingin mengutarakan sesuatu?”
Di barisan belakang, terdengar seorang wanita tua berkata,
“Tak ada di antara hadirin ini yang mengenaliku, dan baru kali ini saya datang ke tempat ini. Sebelum Jumat yang lalu saya belum menjadi seorang muslimah, dan tidak berfikir untuk menjadi seperti ini sebelumnya. Sekitar sebulan lalu suamiku meninggal, padahal ia satu-satunya orang yang kumiliki di dunia ini. Hari Jumat yang lalu, saat udara sangat dingin dan diiringi gerimis, saya kalap, karena tak tersisa lagi harapanku untuk hidup. Maka saya mengambil tali dan kursi, lalu saya membawanya ke kamar atas di rumahku. Saya ikat satu ujung tali di kayu atap. Saya berdiri di kursi, lalu saya kalungkan ujung tali yang satunya ke leher, saya memutuskan untuk bunuh diri.

Tapi, tiba-tiba terdengar olehku suara bel rumah di lantai bawah. Saya menunggu sesaat dan tidak menjawab, “paling sebentar lagi pergi”, batinku.
Tapi ternyata bel berdering lagi, dan kuperhatikan ketukan pintu semakin keras terdengar. Lalu saya lepas tali yang melingkar di leher, dan saya turun untuk sekedar melihat siapa yang mengetuk pintu.
Saat kubuka pintu, kulihat seorang bocah berwajah ceria, dengan senyuman laksana malaikat dan aku belum pernah melihat anak seperti itu. Ia mengucapkan kata-kata yang sangat menyentuh sanubariku, “Saya hanya ingin mengatakan, bahwa Allah mencintai Anda dan akan menjaga Anda.” Kemudian anak itu menyodorkan brosur kepadaku yang berjudul, “Jalan Menuju Jannah.”

Akupun segera menutup pintu, aku mulai membaca isi brosur. Setelah membacanya, aku naik ke lantai atas, melepaskan ikatan tali di atap dan menyingkirkan kursi. Saya telah mantap untuk tidak memerlukan itu lagi selamanya.

Anda tahu, sekarang ini saya benar-benar merasa sangat bahagia, karena bisa mengenal Allah yang Esa, tiada ilah yang haq selain Dia.

Dan karena alamat markaz dakwah tertera di brosur itu, maka saya datang ke sini sendirian utk mengucapkan pujian kepada Allah, kemudian berterimakasih kepada kalian, khususnya ‘malaikat’ kecil yang telah mendatangiku pada saat yang sangat tepat. Mudah-mudahan itu menjadi sebab selamat saya dari kesengsaraan menuju kebahagiaan jannah yang abadi.

Mengalirlah air mati para jamaah yang hadir di masjid, gemuruh takbir. Allahu Akbar. Menggema di ruangan. Sementara sang Imam turun dari mimbarnya, menuju shaf paling depan, tempat dimana puteranya yang tak lain adalah ‘malaikat’ kecil itu duduk. Sang ayah mendekap dan mencium anaknya diiringi tangisan haru. Allahu Akbar!”

Lihatlah bagaimana antusias anak kecil itu tatkala berdakwah, hingga dia mengatakan “Tapi Ayah, meski udara sangat dingin, tetap saja ada orang yang berjalan menuju neraka!” Ia tidak bisa membiarkan manusia berjalan menuju neraka. Ia ingin kiranya bisa mencegah mereka, lalu membimbingnya menuju jalan ke jannah.

Lihat pula bagaimana ia berdakwah, menunjukkan wajah ceria dan memberikan kabar gembira, “Saya hanya ingin mengatakan, bahwa Allah mencintai Anda dan akan menjaga Anda.” Siapa yang tidak trenyuh hati mendengarkan kata-katanya?

Berdakwah dengan apa apa yang ia mampu, juga patut dijadikan teladan. Bisa jadi,tanpa kita sadari, cara dakwah sederhana yang kita lakukan ternyata berdampak luar biasa. Menjadi sebab datangnya hidayah bagi seseorang. Padahal, satu orang yang mendapat hidayah dengan sebab dakwah kita, lebih baik baik bagi kita daripada mendapat hadiah onta merah. Wallahu a’lam bishawab.

Sumber: arrisalah.net

Kamis, 22 November 2012

Out Bound level 6 at Parang Ijo Waterfall

out bound, sdii al-abidin, melompat, jump, happy, parang ijo
Out bound adalah salah satu kegiatan atau aktifitas luar yang bertujuan untuk mengetes adrenalin, melatih kekompakan & kerjasama, atau boleh jadi out bound bertujuan untuk mengetahui kepribadian seseorang lebih dalam. Itu boleh jadi makna out bound yang bisa Mr artikan. Tapi apapun tujuan dan arti out bound yang penting Happy... He.. He... Maksudnya kegiatan yang suasananya Having fun. 

Maka Out bound sudah menjadi salah satu agenda kegiatan luar anak SDII AL-ABIDIN Surakarta sekali setiap tahunnya. So, kali ini Mr akan tampilkan kegiatan Out bound level 6 di air terjun Parang Ijo, Tawangmangu, Karanganyar. The students are very happy.. Right.. Enjoy it...!!!
They are very happy, ini bisa terlihat dari wajah-wajah mereka. Right.. Happy nice watching your photos..!!!

Read more: http://kanggurukoe.blogspot.com/2012/10/out-bound-at-telaga-madirda-tawangmangu.html#ixzz2CtBAqSrJ
They are very happy, ini bisa terlihat dari wajah-wajah mereka. Right.. Happy nice watching your photos..!!!

Read more: http://kanggurukoe.blogspot.com/2012/10/out-bound-at-telaga-madirda-tawangmangu.html#ixzz2CtBAqSrJ

Rabu, 21 November 2012

10 Makanan Paling Bergizi di Dunia

Image : http://ferisjunianto.com
Sehat tidaknya makanan yang kita asup semua tergantung kita. Selain memberikan energi yang dibutuhkan, makanan yang Anda konsumsi setiap hari juga berperan penting dalam mencegah berbagai penyakit. Ada banyak makanan sehat yang bisa dengan mudah Anda peroleh di alam ini. Berikut adalah 10 makanan paling bergizi di dunia yang harus Anda masukkan dalam menu makanan sehari-hari:

Alpukat
Jangan salah mengartikan lemak yang terkandung pada buah alpukat. Lemak alpukat termasuk dalam kelompok lemak tak jenuh tunggal sehingga tidak akan membuat perut Anda gendut. Buah alpukat justru dapat menurunkan kolesterol. Para peneliti menemukan bahwa mengganti hanya 5 persen dari kalori yang berasal dari lemak jenuh (mentega atau keju) dengan lemak tak jenuh tunggal (alpukat) bisa memangkas risiko serangan jantung lebih dari sepertiga. Manfaat tambahan lainnya, alpukat juga tinggi kandungan beta-sitosterol, sterol tanaman yang menghambat penyerapan kolesterol dari makanan, bertindak sebagai senyawa antikanker (glutatin) dan antioksidan kuat.

Kacang
Kacang sebenarnya baik untuk jantung Anda karena kacang mampu menyerap kolesterol sehingga tubuh dapat membuangnya sebelum menempel pada dinding arteri. Studi menemukan bahwa diet tinggi serat larut dapat mengurangi kolesterol total sebesar 10-15 persen. Sebuah studi terakhir bahkan menunjukkan, makanan yang bersumber dari biji-bijian termasuk dalam kelompok teratas dengan kategori tingkat antioksidan tertinggi.

Blueberries
Kandungan senyawa antioksidan pada blueberries yang disebut flavonoid atau lebih dikenal anthocyanin berfungsi menangkal penyakit jantung, kanker, dan kebutaan terkait usia dan kehilangan memori. Seperti halnya sepupu mereka cranberry, blueberry terbukti dapat mencegah infeksi saluran kemih, berkat epicatechins antioksidan, yang menjaga bakteri tidak menempel ke dinding kandung kemih. Bahkan, serat dalam blueberry ampuh dalam menangkal sembelit.

Brokoli
Brokoli adalah salah satu makanan pelawan kanker, berkat kehadiran senyawa sulfur, seperti sulforaphane. Mengonsumsi lebih banyak brokoli bisa memangkas risiko seseorang dari kanker payudara, kanker paru-paru, dan kanker usus besar. Sulforaphane juga telah terbukti khasiatnya untuk membunuh bakteri yang menyebabkan bisul.
Brokoli juga merupakan sumber terbaik kalsium dan potasium sehingga baik untuk tulang serta mengatur tekanan darah Anda. Vitamin C dan beta-karoten juga dapat melindungi mata Anda dari katarak dan menjaga sel-sel otak dari serangan radikal bebas.

Cokelat hitam
Cokelat hitam mengandung sejumlah besar flavonoid, jenis antioksidan. Bahkan, kandungan flavonoid pada cokelat gelap lebih banyak daripada makanan lainnya. Studi menemukan bahwa antioksidan dapat meningkatkan tekanan darah, mencegah penggumpalan darah, memperlambat oksidasi kolesterol LDL, dan mengurangi peradangan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan 45 gram (1,5 ons) per hari dapat mengurangi risiko serangan jantung sebesar 10 persen. Makan cokelat hitam gelap juga dapat menurunkan resistensi insulin, masalah utama di balik diabetes.

Benih lenan (flaxseed)
Biji lenan bekerja layaknya seperti hormon estrogen dalam tubuh, menghalangi reseptor estrogen pada sel dan memberikan kontribusi terkait penurunan tingkat hormon tertentu yang berhubungan dengan kanker, seperti kanker payudara. Flaxseed juga merupakan sumber fantastis alpha-linolenic acid (ALA), suatu asam lemak esensial yang digunakan tubuh untuk membuat asam lemak omega-3. ALA berfungsi mengencerkan darah dan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. 

Bawang putih
Bawang putih memiliki antibakteri, antijamur, dan sifat sebagai antivirus, bahkan berpotensi untuk mengusir beberapa bakteri yang resisten antibiotik. Meski hanya menurunkan sedikit kolesterol, rempah-rempah ini juga bertindak sebagai pengencer darah, mengurangi pembentukan bekuan darah, risiko serangan jantung dan stroke. Mengambil setidaknya enam siung atau lebih bawang putih dalam seminggu bisa memangkas risiko kanker kolorektal, lambung, dan kanker prostat ketimbang harus makan satu cengkeh setiap minggunya.

Ikan salmon
Makan setidaknya dua porsi ikan salmon seminggu dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung sebesar 17 persen dan risiko Anda terkena serangan jantung hingga 27 persen. Sebuah studi di Swedia yang diikuti lebih dari 6.000 pria selama 30 tahun menemukan bahwa mereka yang makan lemak ikan dalam jumlah yang moderat menurunkan risiko kanker prostat sepertiga. 

Bayam
Selain berfungsi dalam melindungi mata Anda dari degenerasi makula (penurunan ketajaman pengelihatan), kandungan karotenoid pada bayam juga dapat membantu mempertahankan kepadatan tulang dan mencegah risiko patah tulang. Segala macam sayuran berwarna hijau merupakan sumber yang kaya kalium dan magnesium serta folat, di mana semuanya berfungsi dalam menjaga tekanan darah dan mengurangi risiko stroke. Folat juga berkontribusi dalam memangkas risiko kanker paru-paru bagi mantan perokok.

Yogurt
Yogurt adalah sumber makanan yang berperan penting dalam pembangunan tulang. Akan tetapi, kekuatan yang sebenarnya terletak pada bakteri baik, yang dikenal sebagai probiotik, yang terus menekan pertumbuhan bakteri merugikan di dalam usus Anda. Terlalu banyak bakteri “buruk” dapat menyebabkan masalah kesehatan gastrointestinal dan lainnya. Mengonsumsi yogurt dapat membantu mengatasi penyakit inflamasi (peradangan) usus, maag, infeksi saluran kemih, dan infeksi jamur pada vagina.

Source: Metode Pengobatan Nabi & muslimahzone.com

Selasa, 13 November 2012

Mengapa Tidak Boleh Meniup Makanan & Minuman?

teh panas, minuman panasSeringkali kita melihat, seorang Ibu atau bapak ketika menyuapi anaknya makanan yang masih panas, dia meniup makanannya lalu disuapkan ke anaknya. Bukan cuma itu, bahkan orang dewasa pun ketika minum teh atau kopi panas, sering kita lihat, dia meniup minuman panas itu lalu meminumnya. Benarkan cara demikian? Cara demikian tidaklah dibenarkan dalam Islam, kita dilarang meniup makanan atau minuman.
Sebagaimana dalam Hadits Ibnu Abbas menuturkan "Bahwasanya Nabi Shallallaahu alaihi wa Salam melarang bernafas pada bejana minuman atau meniupnya". (HR. At Turmudzii).

Awalnya saya tidak mengetahui hikmahnya, bagi saya pribadi, ketika datang hadits pada saya mengenai suatu hal, maka semampunya coba saya lakukan, walaupun saya belum tahu hikmahnya, dan sebenarnya memang tidak harus tahu.

Begitu juga ketika saya pertama kali mendengar hadits ini, saya hanya berusaha mengamalkan saja, bahwa kita dilarang meniup makanan atau minuman,itu juga yang saya lakukan kepada anak saya.

Dan alhamdulillah ketika tadi coba browse ke internet, ternyata dari salah satu milis kimia di Indonesia, ada yang menjelaskan secara teori bahwa: apabila kita hembus napas pada minuman, kita akan mengeluarkan CO2 yaitu carbon dioxide, yang apabila bercampur dengan air H20, akan menjadi H2CO3, yaitu sama dengan cuka, menyebabkan minuman itu menjadi acidic. dan saya ingat juga bahwa Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam menyuruh kita ketika minum seteguk demi seteguk, jangan langsung satu gelas sambil bernapas di dalam gelas, hal ini juga dilarang, ternyata saya baru tahu sekarang hikmahnya, bahwa ketika kita minum langsung banyak, maka ada kemungkinan kita akan bernapas di dalam gelas, yang akan menyebabkan reaksi kimia seperti di atas.

Alasan kedua adalah pada saat manusia mengeluarkan udara hasil pernafasan serta mengeluarkan udara saat meniup, maka tidak hanya mengeluarkan gas hasil pernafasan saja. Mulut juga akan mengeluarkan uap air dan berbagai partikel yang ada dari dalam rongga mulut. Paling mudah dideteksi adalah nafas atau bau mulut juga sering tercium. Bau mulut ini mengindikasikan ada partikel yang juga dikeluarkan dari mulut. Partikel ini dapat berasal dari sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi, selain itu dapat juga berupa mikroorganisme yang hidup di rongga mulut. Mikroorganisme ini kadang bersifat merugikan dan bersifat sebagai pathogen. Hal inilah yang harus dihindari supaya jangan terbawa sehingga karena berupa partikel padatan akan dapat menempel dan mengkontaminasi pada makanan yang ditiup.

Ulasan ini mungkin bukan hikmah keseluruhan, karena Ilmu Allah tentu lebih luas dari ilmu manusia, bisa jadi itu adalah salah satu hikmah dari puluhan hikmah lainnya yang belum terungkap oleh manusia.

Kewajiban kita hanyalah Sami`na wa `atho`na / mendengar dan menta'ati-Nya Perkara hikmah apa yang ada dalam larangan itu, urusan belakangan. Yang penting kita sudah mencoba mentaati-Nya.

Senin, 12 November 2012

Guru SD itu “unik”


I`m a teacher, teacher, guru
http://www.moorlandpottery.co.uk/images/teacher.jpg

Ada sebuah pengalaman menarik ketika saya mengajar di sbuah SD Negeri yaitu ketika bel masuk kelas sudah berbunyi, karena saya On the job training (PPL) maka saya langsung mengambil buku ajar saya dan ingin segera menuju kelas bertemu dengan anak-anak. Namun saya sungguh kaget ketika beberapa guru yang notabene berstatus PNS berkata,”Nanti dulu mas jangan tergesa-gesa masuk kelasnya, terlambat barang 10 menit juga tidak apa-apa”. 

Cerita yang kedua adalah dari ibu mertua saya yang dia guru Bhs. Indonesia di salah satu SMP Negeri, status ibu saya juga Guru PNS. Pagi itu hari senin seperti biasa di sekolahannya ada kegiatan rutin upacara bendera, kebetulan pagi itu ibu mertua saya dari rumah sudah telat, dia tergesa-gesa sekali takut telat sampai dia ngebut naik motornya. Namun sungguh kaget ketika ia sampai di kantor guru yang ada para guru malah pada enak ngobrol & juga membaca koran. Karena merasa telat dia langsung menuju kelapangan, tambah terkejut lagi ketika ibu mertua saya sampai di lapangan ternyata hanya ada satu guru yang dia sudah di lapangan upacara, dan dia adalah Bapak Kepala Sekolah padahal waktu itu jam sudah menunjukkan pukul 07.20 (kurang lebih). Dari dua kejadian nyata itu, kemudian dalam benak saya bertanya, bagaimana muridnya akan disiplin jika para gurunya mempunyai mental seperti itu. Walaupun memang dua kejadian nyata itu tidaklah cukup menggambarkan semua guru PNS seperti itu. Dengan melihat yang demikian akhirnya saya memutuskan tetap jadi guru, tetapi sebagai guru Luar Negeri (Swasta) di sebuah sekolah dasar berstandar internasional yang kota bengawan, Kota Surakarta atau yang lebih dikenal Kota Solo. 

belajar, study, menulis, writing, di kelas, belajar di kelas, sdii al-abidin
Selama kurang lebih 3 tahun saya sebagai guru Bhs. Inggris di sekolah tersebut ada hal yang sangat kontradiksi atmosfernya yang saya rasakan dengan sekolah yang saya ceritakan di paragraf awal; kedisiplinan, ketepatan waktu, kerjasama, kekeluargaan, dst sangatlah berbeda. Ada hal yang membuat saya terkesan adalah salah satu guru kurang lebih 2 bulan yang lalu berkata pada saya,”Jika ingin cari uang jangan di sini, di sini itu jadikan sebagai second income. Jika bapak bekerja di sini orientasinya materi maka bapak akan banyak kecewanya. Jadikan tempat ini untuk menggali potensi, menjadikan kita dekat dengan dunia anak, tempat beramal ibadah, dan jadilah guru yang unik. Maka bapak akan dikangeni anak-anak”. 

guru unik, kreatif, outing class
Iya, betul sekali di sekolah kami yang notabene sebagai sekolah full day dari jam 07.00 – 15.30 memang sangatlah menguras tenaga, pikiran, beban mental, dan waktu. Sangatlah berbeda dengan guru PNS SD yang hanya masuk dari jam 07.00 – 12.00 dengan gaji yang sangat tinggi saat ini apalagi yang sudah sertifikasi dengan gaji yang sangat menggiurkan. Benar adanya jikalaulah dengan jam kantor sedemikian panjang kemudian membandingkan dengan apa yang kita dapatkan sungguh benar, ya benar mungkin kita akan banyak merasa kecewanya. 

Dua kalimat terakhir yang membuat saya lebih terkesan lagi “jadilah guru yang unik. Maka bapak akan dikangeni anak-anak”. Ya, menjadi guru SD yang unik itu ternyata tidak mudah, unik dalam kamus bahasa Indonesia mempunyai pengertian sesuatu yang lain daripada yang lainnya, bisa juga diartikan sesuatu yang langka, aneh atau janggal. Kata unik itu sendiri mempunyai pengertian sesuatu yang tidak lazim atau umum yang dijumpai di masyarakat, sehingga menjadikan sesuatu tersebut spesial dan istimewa. Karena spesial dan keistimewaan itulah banyak dicari orang dan mempunyai harga(khusus) di masyarakat.

Selama kurang lebih 3 tahun ini sebagai guru Bhs. Inggris di tempat saya ngajar secara langsung maupun tidak langsung saya menemukan ciri atau trik agar kita menjadi GURU UNIK, ya terkhusus lagi Guru SD yang unik. Maka kita harus pandai bermain peran, diantaranya :

1.        Pendidik
Sebagai guru SD di samping sebagai pengajar (transfer knowledge), kita juga berperan sebagai pendidik. Karena SD adalah pendidikan dasar, ibarat sebuah bangunan bila landasan kokoh & kuat maka tembok akan kuat kokoh pula. Maka di sekolah kami juga menanamkan pendidikan karakter. Setiap hari kita mengajarkan bagaimana beribadah yang benar, berbakti pada orang tua, menghormati yang tua, tata cara makan, dst. Kita tanamkan pada benak mereka bahwa mendapatkan nilai 10, 9, & 8 di mata pelajaran itu mudah. Akan tetapi menjadi anak yang baik, jujur, taat pada orang tua, guru, bersahaja, disipilin, & tanggung jawab adalah yang terpenting. Ternyata kita amati anak yang mempunyai karakter & kepribadian yang baik berbanding lurus dengan nilai akademis yang baik pula. Ketika karakter baik sudah tertanam, untuk menjadikan mereka tanggung jawab belajar lebih mudah. 

2.        Orang tua
Sebagai guru SD yang unik kita harus berperan sebagai orang tua kedua mereka. Kita harus tahu kebiasaan murid kita, kesukaan murid kita, kelemahan dan kekurangan murid kita. Sebagai guru kita harus tahu model karakter belajar mereka secara individu; apakah auditory, visual, atau kinestetik. Bila kita sudah tahu betul siapa mereka maka akan mudah kita menyelami dunia mereka. Maka dengan itu di sekolah kami menerapkan sekolah Multiple Intelegence. Ketika kita sudah menempatkan diri sebagai orang tua mereka, kita harus siap memberi kenyamanan ketika mereka lagi di rundung masalah, & juga kita harus siap mendorong mereka ketika mereka dalam kondisi berprestasi. Selalu berikan label – label positif pada mereka bukan dengan label negatif

3.        Teman
student, murid, teman, belajar, sdii al-abidin
Ya, jadilah teman akrab mereka, seorang guru yang unik adalah sahabat yang baik buat siswa-siswanya bukan sebagai seorang musuh. Guru yang unik adalah sahabat bermain, sahabat bercerita, sahabat belajar, & teman senda gurau bagi murid-muridnya dengan batasan-batasan yang wajar. Siswa sangat senang ketika bertemu guru yang ramah dan bisa mengerti keadaan mereka, siswa juga paling tidak suka dengan guru yang jaim (jaga image) yang merasa dia lebih tinggi dari segala-galanya. Maka kami sebagai guru menempatkan kapan bisa menjadi teman atau sahabat bagi siswa-siswa kita, kapan harus bisa menjadi guru yang dihormati dan didengarkan penjelasannya. Kita menjadi pendengar yang baik dan aktif meskipun pertanyaan itu sepele. Hal ini bisa membuat siswa menjadi nyaman dengan kita karena menghargai pertanyaannya. Ikutlah merasakan apa yang dirasakan siswa kita didalam kelas.

4.        Motivator
Sebagai guru yang unik kita juga harus bisa menjadi seorang motivator yang ulung. Di sekolah kami, ternyata banyak anak – anak yang mereka lebih menurut pada gurunya daripada pada orang tua mereka sendiri. Maka kita membiasakan mengingatkan ibadah mereka, & jam belajar mereka by SMS ketika mereka sudah berada di rumah. Komunikasi dengan orangtua selalu kita bangun. Maka sebagai guru SD yang unik kita menempatkan satu jam khusus untuk motivasi belajar.

5.        Penghibur
happy, gembira, tertawa, terhibur, murid sdii al-abidin
Guru yang unik harus pula bisa sebagai penghibur, bila perlu kita bisa menjadi “badut” buat mereka. Ini biasa kita lakukan dengan sering bercerita dan mendongeng buat mereka. Karena dengan bercerita memiliki kelebihan dibandingkan dengan menasehati secara lansung, diantaranya; dengan bercerita bisa menyisipkan nasehat tanpa harus dengan kata perintah, dengan bercerita kita sebagai guru mampu melarang anak tanpa ada kata larangan, dan dengan bercerita ternyata pesan / nasehat mudah diingat. Mari kita sisipkan cerita dalam penyampaian materi kita, secara tidak langsung kita sudah menjadi penghibur buat anak didik kita. Dan itu menjadi ciri khusus guru yang unik. Jadi, hiburlah mereka maka kau akan menjadi guru yang unik buat mereka.

6.        Kreatif
creative, outing class sdii al-abidin
Menjadi ciri khas kami pula guru yang unik adalah kita harus selalu kreatif, punya ide-ide pembelajaran baru. Karena itu akan sangat berguna untuk sebuah kegiatan yang rutin kita lakukan yakni Opening theme / Pembukaan Tema untuk kelas 1 & 2, dan Outing Class / Belajar di luar ruangan. Setelah beberapa saat kegiatan belajar berada di dalam kelas, maka Opening theme & Outing Class adalah kegiatan keluar yang paling disukai dan diminati anak-anak. Menjadikan mereka lebih paham teori yang selama ini didapat di kelas, karena di Opening theme & Outing Class secara langsung mereka mempraktekan apa mereka dapat di dalam kelas sehingga menjadikan mereka lebih paham dengan apa yang selama ini yang hanya bersifat imaginatif. Karena tidak semua materi bisa dijelaskan cukup dengan teori saja. Ada banyak materi yang harus praktek dilapangan. 

Itulah 6 ciri guru SD yang unik yang selama ini saya dapat. Ketika kita merasa spesial, istimewa, unik dan menarik, merasa diperlukan dan tak tergantikan orang lain. Maka kita akan menemukan kebahagian yang luar biasa ketika kita diperlakukan sangat spesial, istimewa, diperlukan banyak orang dan bermanfaat bagi banyak orang. 

outing class, speaking, sdii al-abidin
Dengan demikian kehadiran seorang guru selalu ditunggu-tunggu siswanya dikelas, sementara ketidak hadirannya merupakan suatu kerinduan dan kecintaan antara siswa dan guru tersebut. Jika kita selalu berpikiran orang lain bisa kenapa kita tidak? Maka tidak ada yang tidak mungkin, sebelum kita pernah mencobanya. Maka jadilah guru yang akan selalu mereka kenang sepanjang hayat mereka, jadikan kita pahlawan di benak hati sanubari mereka. 

Kata terakhir saya, I AM TEACHER, YOU KNOW???!!!

Trophy Harapan II SDII AL-ABIDIN di Storytelling Contest

storytelling, sdii al-abidin, kelas 6, juara harapan 2
Dalam rangka Bulan Bahasa 2012, UPT Pelayanan & Pengembangan Bahasa (UPT P2B) UNS pada hari Sabtu, 10 November 2012 mengadakan Lomba Keterampilan Berbahasa Inggris yaitu Storytelling Contest untuk tingkat SD & SMP. Sebuah perlombaan yang diadakan setiap tahun ini, kali ini mengambil tema : Indonesian Traditional Story. Karena tidak hanya penguasaan materi English yang diperlukan dalam perlombaan semacam ini, namun juga confidence (Kepercayaan diri), & brave (keberanian) tampil di depan umum / orang banyak. Maka SDII AL-ABIDIN Surakarta kali ini mengirimkan 3 siswa level 6 yang sudah dipilih melalui tahap observasi dalam pelajaran Bhs. inggris terkhususnya kemampuan Berbicara (Speaking). Mereka adalah ananda Muh. Sultan Kevin (6 Salman Al-Farisi), Rania Banurisya (6 Hafshah binti Umar), & Amani Taqiyah (6 Hafshah binti Umar). 

lomba story telling, Muh. Sultan Kevin, sdii al-abidin
Materi yang sediakan Babak Penyisihan : Timun emas & Kancil Stories, Babak Final : Bawang Merah & Bawang Putih. Setelah selama 6 hari latihan bersama Mr Nashrudin di sela-sela proses pembelajaran; Muh. Sultan Kevin & Amani Taqiyah (Si Kancil & buffalo vs alligator), Rania Banurisya (Timun Emas). Di babak penyisihan ada 32 peserta dari sekolah swasta & negeri yang mengikuti. Dari 32 diambil 10 anak untuk maju ke babak final dengan materi Bawang Merah & Bawang Putih. Alhamdulillah satu dari 3 masuk ke babak selanjutnya yaitu babak final yaitu ananda Rania Banurisya.

10 peserta : 3 anak (SD Kalam Kudus), 2 (SD Pangudi Luhur), 2 (SD Cemara 2), 2 (SD Negeri Kleco), & 1 (SDII AL-ABIDIN) yang maju ke babak final ternyata hanya SDII AL-ABIDIN sekolah berlabel Islam. Alhamdulillah ternyata ananda Rania Banurisya menjadi Juara Harapan II dengan mendapat : Trophy, Pohon Belimbing (Go Green), uang pembinaan, & paket marchandise. Ini semua berkat do`a & dukungan Mr, Mrs, Ms, Ustd, Ustdh & orang tua ananda.

Untuk ananda Muh. Sultan Kevin & Amani Taqiyah jangan kecewa, minimal pengalaman & Mr Nashrudin  bangga dengan keberanian kalian, asah lagi kemampuan kalian. Both of You Being Winner Forever. Muh. Sultan Kevin POP English on November 24th, 2012 at SMP WARGA masih menunggumu. Think d`best, Do d`best, & Get d`best...!!!

Timun Emas (in English)



timun emas, timun mas
Once upon a time, not far from a jungle, lived husband and a wife. They were farmers. They were diligent farmers and always worked hard on the paddy fields. They had been married for many years and still not have a child yet. Every day they prayed and prayed for a child.

One night, while they were praying, Buto Ijo a giant with supranatural powers passed their house. He heard they pray. "Don't worry farmers. I can give you a child. But you have to give me that child when she is 17 years old," said Buto Ijo. The farmers were so happy. 

They did not think about the risk of losing their child letter and agree to take the offer. Later, Buto Ijo gave them a bunch of cucumber seeds. The farmers planted them carefully. Then the seeds changed into plants. No longer after that, a big golden cucumber grew from plants. After it had ripe, the farmers picked and cut it. They were very surprised to see beautiful girl inside the cucumber. They named her Timun Mas or Golden Cucumber. Years passed by and Timun Mas has changed into a beautiful girl. On her 17th birthday, Timun Mas was very happy.

However, the parents were very sad. They knew they had to keep their promise to Buto Ijo the giant but they also did not want to lose their beloved daughter. "My daughter, take this bag. It can save you from the giant," said father. "What do you mean, Father? I don't understand," said Timun Mas.

timun mas, buto ijo
Right after that, Buto Ijo came into their house. "Run Timun Mas. Save your life!" said the mother. Buto ijo was angry. He knew the farmers wanted to break their promise. He chased Timun Mas away. Buto Ijo was getting closer and closer. Timun Mas then opened the bag and threw a handful of salt. It became sea. Buto Ijo had to swim to cross the sea. Later, Timun Mas threw some chilly. It became a jungle with trees. The trees had sharp thorns so they hurt Buto Ijo. However, he was still able to chase Timun Mas. Timun Mas took her third magic stuff. It was cucumber seeds. She threw them and became cucumber field. But Buto Ijo still could escape from the field. Then it was the last magic stuff she had in the bag. It was a shrimp paste or terasi. She threw it and became a big swamp. Buto Ijo was still trying to swim the swamp but he was very tired. Then he was drowning and died. 

Timun Mas then immediately went home. The farmers were so happy that they finally together again.

Minggu, 11 November 2012

Bawang Merah & Bawang Putih (in English)


bawang putih bawang merah
The story takes place in a simple village household. The head of this family has two wives, and each wife has their own daughter. Bawang Merah and her mother are jealous of the attention the father gives Bawang Putih and her mother. When the father dies, Bawang Merah and her mother take charge of the household and bully Bawang Putih into servitude. One day, while Bawang Putih’s mother washing the family's laundry in the river, Bawang Merah's mother pushed her into the water and died. With her real mother and father dead, the gentle and obedient Bawang Putih is left alone to be tortured by her cruel stepmother and half-sister.

Bawang Merah and Bawang Putih had opposite characters and personalities. Bawang Putih was diligent, kind, honest and humble girl. Meanwhile, Bawang Merah was lazy, glamorous, proud and envious girl. Bawang Merah's bad personality was worsened because her mother spoiled her. The widow always gave her everything she wanted. It was Bawang Putih who did all the works in the house. Doing the laundry, cooking, cleaning, essentially all works were carried out by herself. Meanwhile, Bawang Merah and the widow just spent times making themselves up, because when they needed something they could just ask Bawang Putih.

One day…

BM      : Hey you! Prepare me warm water for a bath… My skin is must get warm temperature to be soft.
BP       : OK, my sister. I’ll do it (She boils a pail of water, then pour it into the bathub).
BM      : Faster!
BP       : Be more patient… (she finishes it, and get out of the bathroom).
BM      : Can you do all of things quickly? You are not adroit at all (get in into the bathroom).
BP       : My goodness… why is she always hate me?
BM      : (roaming) Ouch!! (out from the bathroom and throw down the door).
BP       : (surprised) What happened?
BM      : Hey! Where did you place your head, huh?
BP       : Am I did something wrong?
BM      : Yes, actually all that you have done is wrong!
BP       : I’m sorry…(bow)
BM      : Now you tring to burn my skin!
BP       : No..! That’s not.
BM      : You are jealous don’t you?
BP       : I’m not. I just didn’t realize the water is that hot. Are you okay? (she looks at Bawang Merah’s hand)
BM      : Don’t touch it! (avoid)
BP       : That’s okay. I’ll see it, it will not hurt you… (reach for BM’s hand)
BM      : I said don’t touch me! Impudent kid! (BM slaps BP’s face)
BP       : Sis… (she is trying to control her mind) I want to save you. But you slapped me?
BM      : Enough! Cause of your doing, I’m tired. Go wash my clothes in the river! If you dare to make me dissapointed one more time, I’ll tell all of your fault to mom.
BP       : Please, don’t do that…
BM      : Then, go now!
BP       : She is quite hate me. God, can you make my sister like me a bit?

Bawang Putih goes to the river. Washing her sister’s clothes. Suddenly, there’s a fish approach to her. The fish is able to speak, and tells her that it is her mother who has came back to comfort her. Bawang is was overjoyed to be able to speak with her mother again, and secretly visits the pond whenever she can.

bawang merah bawang putih, bawang merah bawang putih story
One day Bawang Merah sees Bawang Putih sneaking off and secretly follows her to the pond, where she witnesses Bawang Putih talking to the fish. After Bawang Putih leaves, Bawang Merah catches it. Then Bawang Merah kills the fish, cook it and feed it to Bawang Putih without telling her where it came from. BM likes it & enjoy eating the fish..

Know that BP is so sad, then she said to BM,”Do you know who is that fish?”. “I don`t know who is it, who actually is it?”, asked BM. BP anwered,”It`s my beloved mother, now I losed her twice.. Ihiks…ihiks…”.

BP`s crying. Know that BM feells so sorry then said,”Pardon me my sister, I didn`t mean to do that..”. BP gives sorry to BM. Then, Bawang Putih gathers the fish bones and bury them in a small grave underneath a tree.

When she visits the grave the next day, she is surprised to see that a beautiful swing has appeared from one of the tree's branches. When she sits in the swing and sings an old lullaby & she sings everyday at the swing. One day, while she was is on the magic swing, a Prince who is hunting nearby hears her song. The Prince is overjoyed and asks Bawang Putih to marry him. She agrees. Then, She lives with the prince happily ever after in the castle.